halo, apa kabar?

Ah, rasanya agak terlalu berlebihan menceritakan diri sendiri di blog ini. Maklum, saya tidak terbiasa dan kadang geli sendiri untuk menuliskan cerita hidup saya, walaupun saya tahu sih, kalau lalu lintas blog saya sama sekali tidak ramai, bahkan jarang sekali dikunjungi… Tapi yah, bolehlah saya sekrang mencoba menulis tentang diri saya, sedikit saja, tentang apa yang sedang terjadi dengan hidup saya, yang sebenarnya sangat biasa–dan barangkali tidak menarik.

Sudah lama saya tidak menulis, tiap ada ide untuk menulis, saya merasa perlu riset kecil-kecilan dulu sebelum berani menulis; soalnya saya agak trauma menjadi penulis yang banyak nge-klaim sana sini. Masalahnya, kok
risetnya gak jalan-jalan ya? Buku yang harusnya saya baca kok gak selesai-selesai ya?

Nah, daripada daripada…Untuk membangkitkan “gairah” menulis saya, selamat datang dan selamat membaca posting tidak penting ini! (anda bisa berhenti dan memencet tombol X di kanan atas kapanpun juga:-)

Apa yang akhir-akhir ini terjadi pada hidup saya? Saat ini saya menjadi volunteer (atau bahasa kerennya: office boy) di KUNCI cultural studies. Tugasnya adalah menjaga perpustakaan,mem-fotokopi dan mengangkat galon…. :) Tugasnya cukup menyenangkan, tiap Rabu, Jumat dan Sabtu saya harus berada di kantor dari jam 10-2, menjaga perpustakaan = hanya bermain internet di ruang ber-AC. Terimakasih kepada internet, buku-buku di perpus KUNCI hanya sesekali saja saya sentuh, lebih sering menjadi saksi mata kecanduan saya pada firefox dan YM.

Selain itu, pekerjaan saya yang lain, saya juga bekerja lepas menjadi asisten seorang kurator. Tugasnya juga cukup sederhana, sangat administratif, tidak dibutuhkan keterampilan khusus, paling hanya bahasa Inggris dan rajin. Tapi saya cukup senang dengan pekerjaan ini, saya jadi tahu bagaimana proses membuat pameran, belajar berkomunikasi dengan banyak orang, dan memperoleh wawasan (plus gosip-gosip) di sekitar kesenian.

Pekerjaan lepas lain saya, dan yang paling bisa menghasilkan uang cepat (hehehe) adalah menjadi penerjemah. Terakhir, waktu ada tamu kurator dari Singapur yang ingin mengunjungi seniman-seniman Indonesia (yang beberapa ternyata ga bisa bahasa Inggris)– saya menjadi penerjemah untuk wawancara mereka. Cukup menyenangkan, saya bisa belajar jalan pikiran sang kurator, memahami apa saja yang penting untuk diketahui dari para seniman, dan sedikit diskusi dengan dia, walaupun kurator yang satau ini agaknya sedikit sombong dan menganggap saya inferior. Yang pasti, saya bisa mengasah bahasa Inggris saya lagi untuk menjadi lebih baik. Oh ya, saya juga menerima pekerjaan menjadi moderator diskusi dan penerjemah dalam diskusi (malah promosi :P)

Sebetulnya saya mau sih, punya pekerjaan yang lebih “berbobot” (haha!) yang membuat saya terlihat intelek gitu, misalnya menulis untuk apa gitu…Tapi sepertinya saya belum sejago itu, belum banyak kepercayaan yang diberikan kepada saya, selain kemampuan saya yang juga masih tanda tanya. Yah seperti bisa dilihat, saya jarang membaca dan tidak produktif menulis. Yak, saya mulai mengasihani diri sendiri? Memalukan! :)

Nah, pekerjaan terakhir yang paling menyita waktu saya akhir-akhir ini ialah saya sedang bekerja dalam proyek penerjemahan KUNCI. Saat ini saya, bersama dua orang lainnya sedang berbagi–bahu-membahu (alah!)– menerjemahkan buku karya Lawrence Lessig yang berjudul Free Culture. Buku ini adalah bicara tentang hak cipta yang dipandang dari sudut budaya, di mana ternyata Amerika punya hukum yang sangat ketat dalam masalah hak cipta. Nah, Lessig adalah salah satu ‘aktivis’ creative common yang ingin menunjukan bahwa root budaya Amerika ialah free culture. Tapi bukan free dalam arti kata free beer atau free sex lho..Tapi lebih seperti free software…Kira-kira begitu, bacalah bukunya, ada di gigapedia, atau tunggulah terjemahannya nanti. Nah pekerjaan ini, cukup menyita waktu saya. Proyek ini akan memakan waktu 3 bulan, dimulai dari bulan April lalu, tiap bulan kami punya deadline untuk menerjemahkan kira-kira 25-30 halaman. Deadline pertama saya sih berhasil saya selesaikan jauh sebelum jatuh tempo, tapi masalahnya, mood saya unuk mengerjakan hal lain jadi hilang. Membaca misalnya. Malas saya. Logika saya ialah, lebih baik melanjutkan tugas terjemahan daripada mencoba menyambi hal lain. Aneh ya? Atau terlalu mencari-cari alasan ketidakmampuan saya menuliskan ide-ide riset saya dan membaca buku? Bisa jadi. Ah, saya selalu merasa bersalah karena tidak bisa rajin membaca buku, tapi saya harus jujur, saya memang pemalas.

Oh ya, bulan Agustus ini saya juga harus KKN. Ah, agak malas sebenarnya. Tapi harus dilakukan. Dan kelompok KKN saya akan ke Karimun Jawa. Menarik? Barangkali. Tapi 2 bulan? Hmm…tidak ada koneksi internet di sana. Mati lah! Hahaha.

Sepertinya saya sudah cerita banyak. Atau belum banyak-banyak amat, tapi saya capek dan kehabisan ide. Nggak ada yang menarik ya? Sepertinya saya hanya sedang membuat review untuk diri saya sendiri tentang apa yang sedang saya lakukan, semacam memilah-memilah. Biarlah, siapa sih yang baca? Tentang tragedi dan komedi dalam hidup saya, jelas hal tersebut ada juga dalam hidup saya. Banyak tragedi, banyak pilihan-pilihan sulit, banyak…… Tapi saya tidak ingin menuliskannya. Saya takut…. Hehehe mulai emo…

Baiklah! Demikian!

*oh ya, alasan lain saya menulis posting ini karena saya iri sama orang-orang yang rajin nge-blog tentang kehidupannya sehari-hari dengan sangat lancar dan jujur, enak sekali dibaca. ah, saya tidak bisa seperti mereka… salut!

4 Comments on “halo, apa kabar?”

  1. ind says:

    siapa bilang tak ada yang berkunjung? saya berkunjung cukup intens kok haha, tulisannya bagus. Saya juga sedang belajar menulis ilmiah. Keep writing please! :)

    • brigitta isabella says:

      wah… jadi malu sendiri, jadi susah nih kalo mau curhat di blog sendiri, takut ketauan :P hehehe

      salam kenal :)

  2. ind says:

    oh oke deh saya baca selain yang ttg personal saja kalo gitu haha :p

  3. nadia says:

    wah, aku juga KKN di Karimun, mbak Brigitta. see you there. :)


Leave a Reply

