SPACE

kamar mandi

kloset

ruang tamu

tempat tidur

SPACE adalah proyek iseng-iseng saya dalam merespon mainan perabot rumah tangga untuk boneka. Berawal dari kesenangan pribadi saya mengoleksi mainan-mainan ini sekadar untuk pajangan, saya memotret perabot cilik ini di tempat publik.

Dalam pengamatan saya atas kota Jogja, tempat saya saat ini berdomisili, ada banyak penyalahgunaan ruang publik. Jalanan untuk tidur-tiduran, trotoar untuk tempat makan dan pohon sebagai tempat buang air kecil. Hal ini bisa jadi juga disebabkan oleh terbatasnya ruang bagi publik bagi sebagian orang. Kafe-kafe dengan harga minuman yang mahal hanya bisa diakses oleh orang yang berduit, sementara masyarakat dengan pendapatan rendah harus puas nongkrong di rel kereta api Lempuyangan.

Tapi toh, masyarakat kita adalah masyarakat yang mampu beradaptasi dan bernegosiasi dengan baik terhadap keadaan. Duduk lesehan di pinggir jalan ditemani debu-debu polusi bis-bis kota akhirnya menjadi suatu eksotisme sendiri yang dicintai para pelakunya.

Leave a Reply

