my life without me (review)

66-12THINGS TO DO BEFORE I DIE.
1. Tell my daughters I love them several times.
2. Find Don a new wife who the girls like.
3. Record birthday messages for the girls for every year until they’re 18.
4. Go to Whalebay Beach together and have a big picnic.
5. Smoke and drink as much as I want.
6. Say what I’m thinking.
7. Make love with other men to see what it’s like.
8. Make someone fall in love with me.
9. Go and see Dad in Jail.
10. Get false nails. And do something with my hair.

Sepuluh hal ini ditulis Ann, tokoh utama film My Life Without Me yang disutradarai Isabel Coixet, ketika ia mengetahui di usianya yang ke 23 ia akan menjelang kematian karena tumor. Waktu hidupnya tinggal dua bulan lagi. Cerita yang klise, mengingatkan saya pada P.S I love You atau The Bucket List yang bertemakan sama. Namun film ini dikemas dengan menarik dan indah oleh sang sutradara, mulai dari sinematografi yang menampilkan gambar-gambar yang manis, soundtrack yang sangat asik dan akting pemainnya yang serba pas, bukan pas-pasan tentunya.

Ann memiliki anak di usia 17 tahun dengan laki-laki pertama yang diciumnya saat konser Nirvana yang terakhir. Hidup dengan dua anak dan suami yang lebih banyak menganggur daripada bekerja membuat Ann harus bekerja keras sebagai janitor di universitas pada malam hari. Ayah Ann sudah dipenjara selama 10 tahun sementara Ibunya adalah perempuan yang merasa hidupnya sangat gagal.Hidup Ann tidak bisa dikatakan mulus, tapi tidak pernah sekalipun Ann komplain akan keadaannya.

Setelah mengetahui bahwa hidupnya tinggal dua bulan, Ann tercerabut dari kemapanan hidupnya sehari-hari. Rutinitas yang ia cintai, walaupun tidak selalu mudah tiba-tiba terlihat berbeda. Betapa banyak hal yang belum ia lakukan, hidupnya terlalu lurus. Ia baru mencium satu lelaki seumur hidupnya, ia bahkan tidak taking drugs saat highschool, dan rambutnya begitu membosankan. Sepuluh rencana pun ia tulis, 4 daftar pertama adalah mempersiapkan keluarga yang akan ia tinggalkan agar mereka tahu bahwa Ann mencintainya. 6 lainnya, adalah proyek pribadi, perubahan-perubahan yang ingin ia lakukan agar ia bisa merasa lebih “hidup”. Sampai akhir film, ada 2 hal yang akhirnya belum atau tidak Ann lakukan, minum dan merokok sebanyak ia mau dan merubah tatanan rambut. Menurut saya ketidakterwujudan 2 hal dalam list ini menjadi penting, karena berarti Ann sangat sadar bahwa kesementaraan hidup bukan berarti harus bertindak gegabah.

Hal lain yang menarik, adalah ketika Ann berencana make love with another man just to see what it’s like. Ann memang hanya pernah mencium dan bercinta dengan satu orang laki-laki dalam hidupnya, yakni suaminya. Keinginannya untuk bercinta dengan laki-laki lain mungkin hanya untuk memnuhi rasa ingin tahu, karena Ann sangat-sangat mencintai suaminya. Namun sayangnya, ketika ia bertemu dengan laki-laki yang ternyata jatuh cinta padanya, Ann juga jatuh cinta pada laki-laki itu. Situasi ini tentu membingungkan, karena Ann tidak memiliki masalah dengan suaminya, hanya saja, ia melihat banyak hal baru dalam hidupnya saat bertemu laki-laki lain itu. ia jatuh cinta lagi.

Ann mengisi sisa hidupnya dengan tetap menjalankannya seperti biasanya, tidak ada perubahan yang terlalu bombastis. Seperti saya ceritakan tadi, Ann bukan orang yang suka mengerutui hidupnya. Oleh sebab itu saat ia akan meninggal, ia tidak menyesali sisa hidupnya yang tingal sedikit, melainkan ia ingin membuat kenangan yang indah untuk keluarganya.

Dalam line terakhir, Ann berkata :

You don’t know who or what you’re praying to, but you pray. You don’t even regret the life that you’re not gonna have, because by then you’ll be dead. And the dead don’t feel anything. Not even regret.

Very inspiring! :)

Advertisements

One Comment on “my life without me (review)”

  1. utush says:

    indeed.. Looked over things.. don’t over looked things..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s