holga : boots series

roll1_b000033-r1-00-01

roll1_b000033-r1-01-12

roll1_b000033-r1-08-8

Saya mulai memotret sepatu boots sejak tahun 2008, saya lupa bulan apa, tapi saya masih ingat peristiwanya. Waktu saya ke Magelang dan jalan-jalan ke Taman Kiai Langgeng dengan pacar saya. Saat itu saya ingin menjajal rol pertama kamera plastik baru saya, Holga. Di taman itu saya melihat sebuah sepatu boots yang diletakkan di tengah-tengah taman dan bagi saya sepatu boots itu terlihat indah bagaikan instalasi di galeri seni. Saya pun memotretnya. Tak jauh dari lokasi sepatu boots pertama saya melihat sepatu boots lain yang diletakkan di dalam pipa dan membuat seolah-olah ada orang di dalamnya. Saya potret juga “gambaran” janggal itu.

Ketika fotonya jadi, saya amat puas dan mengagumi foto-foto tersebut (agak narsis, memang). Saya menyukai warna dan light leaks yang diproduksi kamera saya tanpa sengaja. Sejak saat itu, entah mengapa saya jadi selalu memotret sepatu boots setiap kali saya melihatnya dan kebetuan membawa kamera, entah itu dengan kamera mainan, digital atau bahkan kamera handphone. Saya jadi mengoleksi foto-foto boots, karena entah mengapa sepatu itu terlihat seksi, aneh, dan minta difoto :p

Sejak saya mulai sering lebih memerhatikan sepatu boots, saya baru sadar bahwa sepatu ini ada dimana-mana. Foto ketiga saya ambil di kampus saya, dan harap diingat, semua foto boots ini tidak saya atur sedemikian rupa, mereka memang sudah dari sananya–menurut saya, artistik.

Foto sepatu boots lainnya kebanyakan saya ambil dengan kamera handphone, karena saya sering menemukan sepatu ini di tempat-tempat tak terduga, dan saya pun memotretnya secara spontan. Saya pernah, misalnya menemukan sepatu boot disejajarkan dengan buku di pasar klitikhan. Atau di depan rumah tetangga saya sedang membangun rumah. Terakhir, saya menemukan sepatu boots di Lawang Sewu, saat sedang jalan-jalan ke Semarang.

Kebetulan, kali ini saya hanya mengunggah foto yang saya ambil dengan kamera Holga, karena haslinya memang lebih menarik daripada yang saya ambil dengan kamera handphone dengan resolusi rendah. Sepatu boots ini hanya perlu dibaca sebagai sepatu, tidak perlu repot-repot membacanya dengan konteks lain, walaupun anda tentu saja memiliki hak untuk itu.

2 Comments on “holga : boots series”

  1. PQ - ishal says:

    wew , mnding koleksi spatu boot aja klo gitu ..
    :D

  2. brigitta isabella says:

    aduh gak cocok euy sama udara indonesia hehe saltum gitu nanti mah


Leave a Reply

